Pena Jurnalis Maros,– Dinas Kominfo Maros menggelar Pelatihan dan Sertifikasi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang TIK di Aerotel Smile Makassar, Kamis (9/3/2017).

Kegiatan tersebut resmi di buka Wakil Bupati Maros, Harmil Mattotorang,yang diikuti sekitar 75 peserta dan akan digelar sampai 11 Maret 2017

Indra Sadli Pramama, Harmil mengatakan, kegiatan tersebut menjadi salah satu langkah untuk menyiapkan tenaga kerja yang siap bersaing dengan tenaga kerja lain. “Sekarang, berbagai negara membutuhkan sertifikasi untuk menunjang standar pekerjaan yang dibutuhkan. Kegiatan ini untuk mengantisipasi tenaga kerja dari luar di era pasar bebas saat ini,” ujarnya.

Hal tersebut menjadi perhatian termasuk Pemkab Maros untuk membenahi SDM pemuda.

Kepala Balai Kominfo BBPPKI Makassar, Ruslan Harun yang juga hadir dalam kegiatan itu berharap setelah melaksanakan SKKNI ini, peserta dapat bekerja sesuai dengan bidang keahlian. SKKNI ini penting untuk meningkatkan kompetensi SDM yang baik.

Ruslan sudah menyampaikan kepada Bupati Maros agar kiranya para peserta yang lulus sertifikasi SKKNI bisa bekerja di instansi atau mitra kerja pemerintah, apalagi 2021 kedepan maros sudah harus menggunakan SDM berbasis IT.

Sekdis Kominfo Maros, Sulaeman Samad, mengatakan sebelumnya sertifikasi SKKNI ini dilaksanakan Palembang dan Balikpapan sehingga Kabupaten Maros menjadi yang ke-3 untuk pelaksanaan kegiatan SKKNI ini.

“Kegiatan pelatihan dan sertifikasi ini gratis dan sangat bermanfaat dalam meningkatkan daya saing. Ini bisa memberikan keterampilan untuk pemuda Maros,” ujarnya

Sertifikasi ini juga mempermudah pencarian kerja karena mendapat sertifikat standar kompetensi kerja nasional indonesia.

Adapun kompetensi yang akan disertifikasi dalam SKKNI tersebut yakni pada bidang Desain Grafis, networking, p[ogramming, technical support, operator dan multimedia.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *