Penajurnalis Makassar,– Kegiatan donor darah gencar dilakukan PMI dalam mempersiapkan stok darah disetiap rumah sakit.Dibulan Maret 2017, Polres Pelabuhan Makassar bekerjasama dengan PMI aktif menggelar kegiatan donor darah.

Donor darah massal yang digelar di Kantor RRI Makassar, Jalan Riburane, Rabu 8 Maret 2017 dengan melibatkan Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (UTD PMI) setempat.

Terlihat 150 anggota Polres Pelabuhan Makassar turuk ambil bagian,mengisi kantong-kantong dengan darahnya.

Kabag Sumda Kompol Luther mengatakan,seluruh personel kepolisian yang tidak ada masalah kesehatan diwajibkan mengikuti donor darah yang digelar PMI bekerja sama Polres Pelabuhan Makassar,” katanya.

Selain anggota dan staf PNS di lingkungan Polres, perwakilan Polsek jajaran termasuk Kapolsek, serta sejumlah anggota Bhayangkari juga ikut mendonorkan darahnya.

“Untuk selanjutnya disimpan PMI dalam kantong-kantong darah tersterilisasi dalam wadah tertutup dan dengan suhu terukur,” jelas Luther.

Sementara itu Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan, teknis donor darah diawali pemeriksaan kesehatan dan tekanan darah setiap calon pendonor. Calon pendonor darah yang dinyatakan sehat secara jasmani dan memiliki tekanan darah stabil, kemudian diberi nomor urut untuk mendapat pelayanan donor darah.

“Kegiatan donor darah ini bagian upaya PMI dalam mempersiapkan stok darah yang ada di Makassar,” ujarnya.(A1)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *