Penajurnalis Maros,- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Maros, sudah menbuka layanan pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) untuk Calon Jamaah Haji (CJH) yang berangkat tahun ini. Dan kuota  Haji untuk Maros, tahun ini sudah normal kembali, bahkan terjadi kenaikan menjadi 310 orang dari jumlah sebelumnya 248 orang.

Pelunasan tersebut berdasarkan instruksi dari Menteri Agama RI, ucap  Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Maros, Syamsuddin, Selasa (11/4/2017).

“Waktu pelunasan (BPIH) sudah ditentukan. Jadi calon jamaah  haji  diharapkan segera melunasan biaya  hajinya sekarang. Ini sesuai arahan dari pusat,” katanya.

Proses pembayaran tersebut dibagi menjadi dua tahap, untuk tahap awal, CJH bisa melunasi BPIH nya mulai Senin kemarin sampai 5 Mei mendatang,

Jika CJH belum bisa melunasi biaya hajinya pada tahap pertama, maka diimbau melakukan pelunasan tahap dua, mulai tanggal 22 Mei sampai 2 Juni mendatang,”paparnya.

“Penetapan biaya  Haji  untuk tahun ini untuk embarkasi Makassar dan sekitarnya, termasuk Maros, sebesar Rp 38.972.250,” katanya.

Sebelumnya CJH telah menyetor biaya  Haji  sebanyak Rp25 juta. Jadi tinggal melunasi dan menambahkan biaya tersebut sekitar Rp 13 juta.

“Syamsuddin  berharap, semua calon yang sudah terdaftar, sebaiknya melakukan pelunasan. Hal ini harus dilakukan supaya bisa berangkat tahun ini. Mereka juga sudah menunggu bertahun-tahun,”jelasnya.

“Pasalnya Calon Jamaah Haji (CJH) asal Maros yang belum mampu melunasi biaya hajinya  nya, maka akan akan diganti oleh calon jamaah  haji yang memiliki nomor urut dibawahnya.

Syamsuddin menambahkan, untuk tim pendamping para CJH diwajibkan membayar sekitar Rp 54.234.000.

“Tim pendamping ini tetap diwajibkan membayar biaya   haji . Tapi kami belum mengetahui, siapa yang akan ditunjuk untuk mendampingi calon jamaah   haji  asal Maros, yang pastinya Tim pendampin akan ditentukan oleh Bupati Maros, Hatta Rahman.,” Terangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *