PenaJurnalis Sulteng,- Gempa Bumi berkekuatan 6,6 SR mengguncang wilayah Sulawesi Tengah, terutama Kabupaten Poso.

Gempa tersebut terjadi pada pukul 21:35:22 WITA. Pusat gempa berada pada1.33 LS, 120.41 BT (38 kilometer Barat Laut). Lokasi pusat gempa berada sekitar 38 kilometer dari arah barat laut Poso, Sulawesi Tengah dengan kedalaman 10 kilometer.

Kepala Stasiun Geofisika Klas I Palu, Petrus Demon Sili, menjelaskan, analisa BMKG menunjukan bahwa gempa bumi terjadi pada pukul 22:35:22 WITA dengan kekuatan 6.6 Skala Richter dengan episenter terletak pada koordinat 1.33 LS dan 120.41 BT pada kedalaman 10 Kilometer.

Berdasarkan Peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan kuat dirasakan di daerah Torue dan Poso, dalam skala intensitas II SIG BMKG atau (V MMI). Adapun di Palu dan Sigi, dalam skala intensitas II SIG BMKG atau (III-IV MMI), Toli-Toli, Pasang Kayu dan Tana Toraja, dalam skala intensitas II SIG BMKG atau (III MMI). Sementara di Gorontalo, Boalemo dan Bone Bolango, dalam skala intensitas I SIG BMKG atau (II-III MMI), Palopo, Masamba dan Balikpapan, dalam skala intensitas I SIG BMKG atau (II MMI) ,” ujar Petrus.

BMKG menghimbau warga tetap tenang,bagi masyarakat di daerah pesisir agar tidak terpancing isu karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

Salah seorang warga di Poso,menambahkan,getaran Gempa tersebut cukup keras membuat warga berhamburan keluar dari rumah, dan getaran tersebut tidak hanya dirasakan di Poso, tetapi hampir semua wilayah di Sulawesi Tengah,”ujar warga yang mendapat imfomasi dari keluargamya dari luar Poso,” tutupnya.(Enal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *