Penajurnalis, Maros,– Pencanangan gerakan 1000 siswa hidup bersih dengan cuci tangan pakai sabun (CTPS), yang digelar di 113 sekolah yang ada di 14 Kecamatan bekerjasama Dinas Kesehatan (Dinkes) Maros.

Siswa diajarkan mencuci tangan supaya terhindar dari berbagai penyakit menular, di antaranya, diare, hepatitis dan muntaber.

“Hari ini, pencanangan gerakan 1000 siswa dilakukan serentak di 113 sekolah yang ada di Kecamatan. Kami ajarkan siswa cara cuci tangan yang baik dengan menggunakan sabun,” ujar Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Kerja dan Olahraga Dinkes Maros, Muh Haris, Jumat (10/11/17).

“Muh Haris mengatakan, dalam kegiatan tersebut, semua siswa diajarkan untuk hidup sehat dan menghindari segala jenis penyakit, karena sekolah merupakan salah satu tempat penyebaran bakteri. Apalagi, siswa saling bersentuhan tangan dengan rekannya maupun bermain dengan memegang benda-benda tertentu,”jelasnya.

“Kami ingin budayakan prilaku sehat dan bersih secara dini. Makanya siswa diajarkan cara cuci tangan yang benar. Penyakit muncul karena media tangan. Banyak bakteri melekat usai bermain,” paparnya.

“Ini untuk menurunkan angka kesakitan akibat diare, hepatitis, dan penyakit menular lainnya. Karena HKN ke 53 tingkat Kabupaten Maros, bertema sehat keluargaku, sehat Indonesiaku,” tutupnya.(Anty)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *