Penajurnalis Kendari,, — Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) merupakan dua elemen penting yang menjaga kedaulatan bangsa ini. Semakin kompak kedua institusi ini, negara makin kokoh dan pastinya disegani bangsa lain. Hal itu diungkapkan Kapolda Sultra, Brigjen Pol Andap Budhi Revianto.

Menurutnya, kebersamaan yang terjalin antara TNI dan Polri di Sultra, selama ini sudah terjalin dengan baik. Dirinya berharap, kekompakan ini bisa terus terjaga. “Kedua institusi ini adalah penyangga utama kokohnya bangsa. Kita berdiri bersama hari ini, menjadi penegasan kalau kekompakan terus terjaga,” kata Brigjen Pol Andap Budhi Revianto saat melepas peserta panca lomba yang diselenggarakan Brimob Sultra, di Makorem 143/Ho, Selasa (31/10).

TNI dan Brimob memang menjadi peserta panca lomba yang digelar dalam rangka menyambut hari ulang tahun (HUT) ke-72 Brimob. Panca lomba dimaksud adalah speed march, cross country, renang militer, bongkar pasang senjata dan menembak. Ada 10 tim dari Brimob, Polair, TNI AU, TNI AD dan TNI AL adu ketangkasan dalam kegiatan tersebut. Usai upacara pembukaan, peserta dilepas langsung Brigjen Pol Andap didampingi Wakapolda Sultra Kombes Pol Winarto dan Kepala Staf Korem 143/Ho, Letkol Kav Agus Waluyo menuju kolam renang KONI untuk mengikuti lomba renang militer.

Sambil menenteng senjata dan menggunakan seragam engkap, 10 tim tersebut berjalan kaki menuju kolam berenang KONI. Tuntas di situ, peserta lanjutkan perjalanan menuju markas komando (Mako) Brimob Polda Sultra. Di sana, 10 tim adu ketangkasan menembak. Hasil akhir dari lima item yang dilombakan, juara I direbut Tim Garuda, juara II Tim Sri Gunting, juara III Tim Rajawali, dan juara IV diraih Tim Kasuari.

Kombes Pol Winarto berpesan, dengan adanya perlombaan ini, TNI dan Polri semakin bersinergi dalam melaksanakan tugas-tugas negara. TNI dan Polri, kata dia merupakan penyangga negara. Makanya, kedua institusi ini harus kuat dan kompak. “Ibaratnya seperti meja. Kalau salah satu kakinya patah, maka tidak bisa berdiri. Tapi, kalau kakinnya sempurna, maka semakin kuat berdiri,” kata Winarto.

Dansat Brimob Kombes Pol Kasero Manggolo menambahkan, semakin kuat TNI-Polri, maka semakin kuat juga pertahanan negara. “Saya harap kekompakan bisa terus terjalin. HUT ke-72 Brimob tahun ini, kita jadikan sebagai bentuk menjalin kekuatan,” terangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *