Penajurnalis Maros, – Teknik parenting atau ilmu tentang mengasuh, mendidik dan membimbing anak dengan benar dan tepat sangat penting dalam keluarga maupun lingkup sekolah. Hal ini disebabkan, anak memiliki kemampuan dan kecerdasan sesuai perkembangan usia dan fisiknya masing-masing sehingga dibutuhkan kemampuan orang tua termasuk guru untuk pola pengasuhan yang positif.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Maros, Muh Idrus melalui Maros FM, Kamis (22/2/2018).

Menurutnya, hampir semua pelaku kekerasan karena pola pengasuhan yang salah dalam keluarga, sehingga ‘software’ yang ada pada anak perlu diinstal dengan pola pengasuhan yang baik dengan nilai-nilai positif dari orang tua dan guru.

“Jangan sampai anak mencari ‘software’ sendiri di luar lingkungan keluarga dan sekolah,” ujarnya.

Ia menjelaskan, metode parenting merupakan solusi yang tepat untuk memutus mata rantai berbagai tindak kekerasan dengan pola asuh dan komunikasi yang baik antara anak dengan orang tua dan guru sehingga terjalin hubungan harmonis dalam keluarga dan lingkungan sekolah, salah satunya dengan program Sekolah Ramah Anak.

“Kita berharap, keluarga dan guru di Kabupaten Maros bisa menjadi panutan anak dalam penanaman nilai kejujuran, disiplin kreatif, bersemangat, setia kawan dan optimis, sebab mempersiapkan anak-anak berarti mempersiapkan masa depan keluarga, bangsa dan negara,” jelasnya. (Hendra/humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *