Penajurnalis Maros,- Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Soni Sumarsono memimpin Apel Siaga/Apel Besar Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Makassar Tahun 2018/1439 Hijriah di Asrama Haji Sudiang, Makassar Jum’at (13/07/18).Sumarsono menyampaikan, kelancaran dan kesuksesan penyelenggaraan Ibadah Haji tahun ini, tidak terlepas dari dukungan dan kerja keras.

“Saya memahami betul bahwa profil para jamaah Haji yang saudara akan layani sangat heterogen baik dari segi pendidikan, umur, pekerjaan dan latar belakang sosial budaya,” kata Sumarsono.

Oleh sebab itu, peningkatan pelayanan wajib dilakukan dan makin meningkat setiap saat. “Kondisi jamaah haji saat ini, tidak saja kritis tetapi juga korektif sehingga pelayanan tidak hanya diberikan pada aspek fisik akan tetapi juga menyangkut masalah psikis,” ujarnya.

Hal ini juga karena didukung oleh faktor pendukung yang merupakan langkah kebijakan pemerintah dalam pembinaan dan sistem pelayanan Haji telah tersusun dengan terencana dan profesional pada seluruh proses penyelenggaraan Ibadah Haji.Sumarsono yang selama menjabat gubernur di tiga provinsi ini, untuk pertama kalinya menghadiri apel siaga petugas PPIH,dan  juga meninjau fasilita layanan haji Wisma Bir Ali yang berada di Kompleks Asrama Sudiang Haji Makassar.

Sementara itu, Kanwil kepada Kabid Urusan Agama Islam (Urais) Kemenag Sulsel, Iskandar Fellang, mengatakan untuk persiapan pemberangakatan haji embarkasi Makassar, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dengan Otoritas Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar di Maros.

“Sebelumnya kami, telah melakukan rapat koordinasi dengan  8 provinsi dengan 24 kabupaten/kota serta kepala dinas kesehatan dan kesra pada tanggal 9-10 Juli lalu. Dan Penjabat Gubernur Sulsel pun telah melantik Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) juga telah dilantik oleh Gubernur Sulsel” jelasnya.

Terkait apel pagi ini yang dihadiri gubernur untuk memastikan kesiapan petugas PPIH. “Kemudian hari ini kita apel siaga Pak Gubernur ingin melihat ingin menyaksikan apakah PPIH itu sudah siap 100% untuk melayani Jamaah,” ucapnya.

Insyaallah, tahun ini, Embarkasi Makassar akan memberangkatkan 15.898 jamaah dan diberangkatkan secara bertahap dalam 35 kloter khusus untuk Sulawesi-Selatan jamaahnya 7.296 jamaah.

Iskandar menjelaskan pelaksanaan haji tahun ini, terdapat perbedaan dibandingkan tahun yang lalu yakni tahun ini terdapat Perekaman Biometrik (scan mata dan sidik jari) seluruh jamaah saat akan masuk ke Asrama Haji Sudiang.

“Perekaman Biometrik dilakukan  lebih awal, untuk mempermudah memotong waktu antrian jamaah nanti di Arab Saudi,” sebutnya.

Kloter pertama jamaah dari Makassar, masuk besok 16 Juli pukul 17.00 Wita dengan jumlah 455 jamaah dan diterbangkan  tanggal 17 Juli pada pukul 16.50 Wita dengan menggunakan pesawat Garuda.

“Gelombang (kloter) yang pertama itu langsung ke Madinah, kemudian gelombang kedua nanti itu di Jeddah,” jelasnya.

Para jamaah juga didampingi oleh lima orang petugas kloter jamaah setiap kloter terdiri dari ketua,  pembimbing ibadah, dokter dan dua para medis.”tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *