Penajurnalis Maros,– Perkumpulan Keluarga Peduli Pendidikan (KerLip) Maros menggelar talkshow pendidikan orang tua hebat di gedung Baruga B Kantor Bupati Maros, Sabtu kemarin. Dalam talkshow yang mengangkat tema solusi cerdas optimalkan potensi anak di era digital ini hadir seratusan orang dari kalangan orang tua, calon orang tua, guru dan mahasiswa.

Ketua KerLip Maros, Bagus Dibyo Sumantri menjelaskan materi yang disajikan dalam talkshow ini memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada orang tua sebagai tindakan cegah dini untuk anak-anak dan menjadi terapis, jika ada di antara anak kita yang sudah kecanduan gadget.

“Untuk menjadi orang tua yang baik, tidak dipelajari di bangku sekolah. Sehingga, perlu teknik parenting atau teknik mendidik anak yang sesuai dengan zaman era digital saat ini,” ujarnya, Minggu (01/07//18).

Talkshow ini menghadirkan narasumber Nyi Mas Diane Wulansari yang merupakan penulis buku dari ‘Didiklah Anak Sesuai Zamannya’ dan Leader of Google Educator South Sulawesi, Amal Hasan.

Nyi Mas Diane Wulansari yang biasa disapa Dee memaparkan materi peran penting orang tua dalam mendidik anak sesuai pada zamannya. Terlebih saat ini merupakan era smartphone dan layanan internet yang bisa membahayakan anak.

Karena itu, peran orang tua sangat penting membentengi anak-anaknya agar tidak terikat atau kecanduan gadget seperti bermain game atau konten yang disusupi pornografi yang marak di internet.

Salah satu yang harus dilakukan orang tua, yakni menyiapkan masa puberitas anak dengan pengetahuan kesehatan reproduksi sehingga anak bisa menangkal pengaruh negatif media digital.

Sementara Amal Hasan mengulas secara teknis cara mencegah akses internet berkonten negatif melalui setting perangkat gadget yang aman untuk anak. Juga memaparkan sejumlah contoh aplikasi di smartphone yang berpotensi merusak mental anak, di antaranya aplikasi video live, seperti tik tok. (Tim/Humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *