Pena Jurnalis,Jakarta..—- Gempa berkekuatan 7,7 skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/18) sekira pukul 14.00 WIB. Warga berhamburan ke luar rumah saat gempa terjadi.

Gempa berpusat di koordinat 0,35 Lintang Selatan-119,82 Bujur Timur atau berjarak 8 kilometer arah barat laut Donggala. Gempa berada di kedalaman 10 kilometer tersebut dipastikan tidak menimbulkan gelombang tsunami.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan bahwa berdasarkan laporan dari BPBD Donggala, belum ada korban jiwa maupun kerusakan akibat gempa tersebut.

“Korban jiwa nihil, kerugian materil nihil,” kata Sutopo

Menurutnya pusat gempa berada di darat. Gempa dirasakan keras di dekat pusat gempa di sekitar barat-barat daya Buranga. Berdasarkan analisis gempa dirasakan intensitas V-VI MMI. Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah.

“Gempa dirasakan sedang selama 10 detik di Kota Donggala. Sebagian masyarakat segera keluar rumah dan bangunan. Masyarakat berkumpul di tempat yang aman,” ujar Sutopo.

Gempa tidak berpotensi Tsunami. Belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa.

“BPBD masih melakukan pemantauan di lapangan. Jika ada informasi terkini akan segera dilaporkan ke Posko BNPB,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *