PenaJurnalis,Luwu.—- Razia besar-besar digelar Polres Luwu terkait  dengan pelaksanaan Operasi Zebra 2018 yang mulai di gelar, Selasa (30/10/18) di tandai dengan pelaksanaan gelar Pasukan di Mapolres Luwu dipimpin langsung Kapolres AKBP Dwi Santoso.

Kapolres Luwu AKBP Dwi Santoso mengatakan, razia lalu lintas yang bertajuk Operasi Zebra 2018 akan digelar mulai 30 Oktober sampai 12 November 2018 atau selama 14 hari.

Tujuan diadakan Operasi ini  demi meningkatkan kesadaran akan keselama tan berlalu lintas dan menekan angka kecelakaan.

“Tindakan ini tak hanya berupa penilangan, tetapi polisi juga akan mengedepankan teguran dan imbauan, yang bersifat pencegahan, dan tentunya pengendara kendaraan bermotor harus menyiapkan berbagai perlengkapan berkendaraan,” kata Perwira dua melati di pundaknya ini.

Sebelum menggelar operasi ini Polres Luwu sebelumnya sudah melakukan sosialisasi mengenai Operasi Zebra Jaya. Sesuai Pasal 68 menjelaskan bahwa kendaraan bermotor wajib menggunakan TNKB yang memenuhi syarat bentuk, ukuran, bahan, warna, dan cara pemasangan.

Pelanggaran modifikasi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau pelat nomor pun akan ditindak oleh polisi dan mengacu pada Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

“Jika tidak sesuai akan dikenakan Pasal 280, yaitu denda paling banyak 500.000 atau kurungan dua bulan,” kata Dwi Santoso

Polisi akan menindak pengendara roda dua dan empat atau lebih, dimana pengendara tidak menggunakan seat belt, mengemudikan kenderaan melebihi batas kecepatan, mengemudikan. kenderaan dalam keadaan mabuk, menggunakan Handphone saat berkenderaan, pengendera di bawah umur dan mengemudikan kenderaan melawan arus.

“Selain itu kelengkapan surat kenderaan baik roda empat dan lebih maupun kenderaan roda dua tak luput dari pemeriksaan saat razia di gelar oleh satuan lalu lintas polres Luwu,” tandas Dwi.

Operasi Zebra Polres Luwu 2018 selain di tandai dengan apel gelar pasukan, juga dilakukan pemasangan pita kepada perwakilan peserta upacara dari unsur Polres Luwu, TNI, Dishub, Satpol dan unsur pendukung lainnya selama operasi zebra di gelar selama dua pekan kedepan.Im

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *