PenaJurnalis, Jakarta.—Untuk mengidentifikasi jasad dan bagian tubuh korban pesawat Lion Air PK-LQP. Tim Disaster Victim Identification (DVI) Mabes Polri sudah menerima 306 sampel DNA postmortem.

“Hasil tes DNA para korban Lion Air PK-LQP akan keluar besok siang. Sudah ada 306 sampel DNA postmortem yang dikumpulkan hingga siang ini,” kata Kepala Laboratorium Pusdokkes Polri, Kombes Putut Cahyo di Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (3/11/18).

Malam ini, lanjut dia, tim DVI berupaya menuntaskan identifikasi DNA. “Besok baru proses rekonsiliasinya. Minggu paginya atau Minggu siang, kita bisa nikmati hasilnya,” tambah Putut.

RS Polri sudah menerima 73 kantong jenazah korban Lion Air. Empat di antaranya sudah berhasil diidentifikasi hingga tadi malam. Sore ini, ada dua kantong jenazah lagi yang baru tiba di JITC Tanjung Priok, Jakarta sedang dibawa ke RS Polri.

Putut menyebutkan ada tiga cara untuk mengidentifikasi jenazah korban yakni pemeriksaan sidik jari, pemeriksaan gigi dan DNA. Cara tersebut punya keunggulan dan kekurangan masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *