PenaJurnalis,Jawabarat.—Ratusan rumah rusak parah akibat diterjang Angin puting beliung, yang terjadi di Kabupaten Bandung Barat, kemarin, Selasa 20 November 2018.

Buka hanya itu terjangan angin puting beliung juga menyebabkan beberapa pohon tumbang yang berimbas pada tertutupnya ruas-ruas jalan.

“Ada lima kecamatan yang terimbas dari angin puting beliung ini, diantaranya Kecamatan Ngamprah, Cihampelas, Padalarang, Batujajar, dan Saguling,” ujar Pusdalops BPBD Jabar Budi Budiman, saat di konfirmasi melalui pesan singkatnya, Rabu (21/11/18).

Adapun wilayah yang terkena dampak puting beliung yakni Kecamatan Saguling ,Ngamprah ,Cilame, Cihampelas dan Kecamatan Padalarang.

Untuk Kecamatan Saguling ada 13 rumah rusak dua diantaranya mengalami rusak berat. Kemudian untuk di Kecamatan Ngamprah, ada dua pohon tumbang di Cilame dan Cihampelas yang menutup ruas jalan. Tak hanya itu, tujuh rumah mengalami kerusakan.

Lalu di Kecamatan Padalarang, angin puting beliung juga menyebabkan pohon tumbang dan juga 186 rumah mengalami rusak. Satu sekolah juga dilaporkan rusak akibat angin puting beliung.

‎”Total yang terdampak 13 rumah mengalami rusak berat, 34 rumah mengalami rusak sedang dan 165 rumah alami rusak ringan. Untuk f‎asilitas umum satu sekolah dan satu tempat ibadah rusak,”jelasnya.

‎Dalam kejadian puting beliung pun, terdapat satu orang korban. Identitas korban diketahui bernama Ujang (35) warga Desa Cimerang, Kecamatan Padalarang, yang mengalami luka-luka.

Dalam kejadian tersebut, BPBD Jabar telah melakukan beberapa upaya diantaranya, berkordinasi dengan BPBD Bandung Barat, melakukan assesment di lokasi kejadian, dan ‎mengungsikan sembilan kepala keluarga di Kecamatan Padalarang, yang rumahnya mengalami rusak berat.

“Kita juga menghibau warga agar selalu waspada apabila hujan dengan intensitas tinggi di sertai angin kencang‎,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *