PenaJurnallis,Makassar.—Dalam upaya melaksanaan program rehabilitasi lahan pasca banjir dan longsor di Sulsel. Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah mengungkapkan telah membentuk tim.

Tidak hanya melibatkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), TNI, Polri, dan kelompok masyarakat, tim bersama ini juga melibatkan peran perguruan tinggi.

Menurut Nurdin, pengaruh perguruan tinggi di masyarakat sangat besar . Pasalnya, kampus memiliki Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dapat dioptimalkan dan difokuskan ke arah konservasi lahan dan mitigasi bencana.

“Kita kerjasama dengan perguruan tinggi, bagaimana KKN ini akan kita coba dorong, supaya mendatang ini lebih kepada rehabilitasi lahan. Yang kedua mitigasi bencana supaya mahasiswa kita fokus kesana,” jelas Nurdin Abdullah, Senin (4/1/19).

Bukan hanya itu, Nurdin Abdullah mengungkapkan dengan mengoptimalkan program KKN, pemerintah juga dapat merumuskan solusi mengenai masyarakat yang telah mengalih fungsikan hutan menjadi lahan mata pencaharian.

“Bagaimana masyarakat yang hidup sekitar hutan ini, jangan sampai kita paksakan program ini sementara mereka bergantung pada lahan itu kan. Ini juga harus difikirkan solusinya. masyarakat yang hidup sekitar hutan ini, jangan sampai kita paksakan program ini sementara mereka bergantung pada lahan itu kan,” tutur Nurdin Abdullah.(Jy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *