Penajurnalis Maros,– Bibit jagung pulut manis varietas Hatta Rahman diluncurkan Pemerintah daerah Maros.

Bupati Maros, HM Hatta Rahman mengatakan Pengenalan varietas jagung hibrida ini dilakukan saat upacara Hari Kesadaran Nasional di lapangan Pallantikang, Senin (17/2/20).
Bibit jagung pulut manis ini kemudian diberi nama PUMHAR atau pulut manis Hatta Rahman. Hadir menyerahkan sertifikat varietas PUMHAR ini, Kepala Seksi Jasa Penelitian Balitsereal, Rahmi dan Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan, Alfian Amri.
Rahmi menjelaskan, penelitian dan pengembangan varietas PUMHAR ini memakan waktu cukup panjang. Yakni sekitar lima tahun. ”Bedanya dengan varietas lain, jenis PUM HAR ini merupakan jagung pulut hibrida yang rasanya manis. Kebanyakan jagung pulut kan tidak manis. Tapi khusus jagung pulut ini rasanya manis,” ujarnya.
Selain itu, keunggulan lain dari varietas PUMHAR yakni tongkol jagung yang lebih besar dari jagung pulut biasa. Rahmi mengatakan, setelah dilakukan penyerahan sertifikat PUMHAR ini maka akan dilanjutkan dengan uji lanjutan pembenaran. Ini juga memakan waktu cukup lama.
”Setelah ini, bibit belum bisa langsung diberikan ke petani. Tapi akan kembali dilakukan uji lanjutan pembenaran yang memakan waktu sekitar satu tahun. Nanti setelah itu baru bisa dikomersialkan,” Tutupnya.(A1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *