Penajurnalis Nasional,- Peringatan Hari Pers Nasional ( HPN) tahun 2021 berlangsung pada Selasa, 9 Februari 2021, di Candi Bentar Hall, Ancol, Jakarta. Di hari itu Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat memberi penghargaan kepada Walikota dan kepala Daerah, diantaranya, 1. Wali Kota Parepare Taufan Pawe2. Wali Kota Denpasar IB Dharmawijaya Mantra3. Bupati Majalengka Karna Sobahi4. Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari 5. Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono 6. Wali Kota Singkawang Tjahi Chui Mie 7. Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir 8. Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi9. Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto10. Bupati Banggai Herwin Yatim.

Penyerahan penghargaan diberikan pada puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2021, bersama Presiden Joko Widodo, secara daring maupun luring, Selasa 9 Februari 2021. Taufan Pawe terpilih meraih penghargaan bersama 9 bupati/wali kota lainnya.

Ketua Umum PWI, Atal S mengunkapkan, penghargaan ini merupakan apresiasi insan pers terhadap para bupati/wali kota yang peduli kebudayaan dan literasi media yang dipilih oleh tim juri yang terdiri dari para wartawan senior, penulis, budayawan dan akademisi, serta pekerja seni-budaya,”ucapnya.

“Menurutnya,10 bupati/wali kota penerima anugerah ini memiliki strategi, kinerja, dan kekuatan masing-masing dalam pemajuan kebudayaan daerahnya, baik sebelum maupun pada saat pandemi.

“Pada umumnya, mereka merawat warisan masa lalu, kemudian merawat, memanfaatkan, mengembangkan dan melindunginya, dengan berbagai regulasi. Selain itu mengembangkan dengan ‘bungkus’ dan cara masa kini, termasuk di dalamnya menggunakan teknologi dan media sosial. Dengan demikian budaya lokal bisa menyumbangkan warna pada kebudayaan nasional, sekaligus global,” tutupnya. (Etl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *