Penajurnalis Maros,- Pemerintah Kabupaten Maros menggelar musyawarah perencanaan pembangunan daerah (Musrenbang) Khusus untuk perempuan, anak dan penyandang disabilitas.

Peserta musrenbang merupakan masing-masing perwakilan dari forum anak, organisasi perempuan dan kelompok penyandang disabilitas. Kegiatan ini berlangsung di Baruga B Kantor Bupati Maros, Kamis (10/3/22).

Musrenbang perempuan, anak dan penyandang disabilitas ini adalah kali kedua dilaksanakan di Maros. Sebab, tidak semua kabupaten melakukan musrenbang khusus ini,” ucap Bupati Maros, AS Chaidir Syam.

Persoalan yang dibahas dimusrenbang hampir kebanyakan membahas mengenai pembangun jalan, pembangunan dan perbaikan jembatan, serta pembangunan fisik seperti sekolah dan kantor kecamatan. Personal ruang publik bagi anak, kebutuhan kaum disabilitas, kekerasan pada perempuan, hanya bisa kita dapatkan di musrenbang khusus.

“Terkadang ditingkat kecamatan persoalan tentang tiga hal ini kurang disentuh. Meskipun terpisah, hasil dari musrenbang ini tetap akan dipaduserasikan dengan musrenbang kecamatan dan pokok-pokok pikiran DPRD. Sebab, kita butuh skala acuan prioritas,”ujar Chaidir Syam.

Chaidir berharap, melalui musrenbang ini akan lahir solusi-solusi dalam membuat kebijakan afirmatif untuk memperkuat pemberdayaan terhadap kaum perempuan dan penyandang disabilitas, juga terkait perlindungan dan pengembangan SDM anak.

“Mengigat anak-anak akan punya tempat untuk beraktivitas, jika selesai dengan kegiatan sekolahnya mereka bisa melanjutkan kegiatan di ruang publik, ini akan mencegah kegiatan negatif diluar sana. Perbaikan tersebut akan menjadi langkah dini untuk menciptakan generasi emas,”imbuhnya.(Irwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *