Penajurnalis Maros,- Dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan 1443H / 2022M, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Maros bekerjasama dengan Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) DPD Kabupaten Maros menggelar Event Gerakan Pangan Murah. Event tersebut digelar di halaman kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Maros, Kamis (31/3/22).

Bupati Maros, AS Chaidir Syam sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Gerakan pangan murah sangat dibutuhkan dan sangat membantu masyarakat saat ini, menjelang  bulan Ramadhan.

“Menjelang bulan puasa Ramadhan, kebutuhan meningkat, sehingga di pasar banyak permintaan yang mengakibatkan harga cenderung naik karena permintaan meningkat,”ucap Bupati Maros.

Dengan adanya kegiatan pangan murah, harga pangan di pasaran dapat dinormalisasi,untuk kebutuhan pokok masyarakat di bulan Ramadhan.

Pihaknya juga telah membentuk Satgas Pangan, mereka akan menyisir siapa saja pengusaha nakal yang melakukan menimbunan. Dirinya tegas akan memberi sanksi jika benar ada yang ditemukan berlaku curang untuk meningkatkan harga pasaran.

“Ini untuk mencegah lonjakan harga. Kami sangat senang dengan antusias masyarakat, makin banyak stand yang ikut berpartisipasi. Tahun lalu hanya ada 14 stand, alhamdulillah hari ini ada sekitar 30 stand,”tegasnya.

Sementara itu, Ketua Perhiptani kabupaten Maros, Muhammad Danial yang juga sebagai Sekdis Pertanian mengatakan, event ini akan digelar selama dua hari, sejak tanggal 31 Maret sampai tanggal 1 April 2022 bertempat dihalaman kantor dinas pertanian jalan DR.Ratulangi.

“Kegiatan ini merupakan event tahunan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Maros yang selalu dinanti oleh masyarakat. Masyarakat sangat senang karena harga yang diberikan disini adalah harga dibawah harga pasar. Ini jual beli langsung dari petani ke masyarakat,” bebernya.

Danial menyebutkan, peserta dalam kegiatan ini merupakan kelompok tani binaan Perhiptani dan kelompok wanita tani. Selain itu juga ada, Dinas Perikanan, kelompok petani milenial, juga beberapa mitra kerja, diantaranya dari Jaffa, Indofood, KTI, Deskranasda, serta PKK Kabupaten Maros.

Even ini mengusung tema “Dengan event gerakan Pangan murah, kita tingkatkan pelayanan menuju Maros yang lebih Sejahtera, Religius dan Berdaya Saing”, imbuhnya.(A1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *