Penajurnalis Maros,-  Pemerintah Kabupaten Maros mulai melakukan pemetaan jalur jelang mudik, untuk mengurai dan mengurangi kemacetan menjelan mudik lebaran.

Bupati Maros, AS Chaidir Syam, menjelaskan kalau saat ini pihaknya sedang melakukan koordinasi dengan forkopimda terkait persiapan mudiklebaran.

“Untuk mengurai dan mengurangi kemacetan saat mudik nanti kita akan memetakan jalur yang berpotensi menimbulkan kemacetan. Terutama saat mudik,” ucap bupati Maros, Jumat, (8/4/22).

Dia mengurai ada beberapa jalur alternatif yang kini telah disiapkan. Seperti jalur Moncongloe dan Pattene.

Mengingat ada beberapa titik juga seperti di Batangase tepatnya didepan Grandmall yang kerap padat. “Jalan Poros Maros-Makassar kerap terjadi kemacetan. Nah itu ada kita siapkan jalur alternatif di Mandai tembus di Moncongloe dan Pattene,” paparnya.

Selain itu, kata chaidir, jalur yang rawan macet juga akan dicarikan solusinya, terutama jalur menuju Camba.

“Kondisi Jalan Poros Maros-Bone akhir-akhir ini kerap macet. Terutama di kawasan hutan Karaenta yang jalanannya sempit ditanbah volume kendaraan yang padat. Nah itu akan kita persiapkan kalau terjadi kemacetan, dan akan mengantisipasi diarus mudik,”jelasnya.

Sehingga untuk jalur alternatif yang dapat dimaksimalkan untuk mengurai kendaraan di jalur utama Maros – Bone adalah membuka jalur antara Kecamatan Mallawa yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Pangkep.

“Titik itu di Desa Bentenge, Kecamatan Mallawa. Jika jalan dibuka menuju Pangkep, kendaraan dari arah Bone, termasuk yang datang dari provinsi sebelah, Sultra, tidak mesti lewat Karaenta,”kata Bupati Maros.

Tidak hanya itu, Jalan Poros Maros-Pangkep tepatnya di Desa Salenrang kerap terjadi kemacetan. Karena jembatan Sungai Pute di Jalan Poros Maros – Pangkep mengalami kerusakan. Sehingga hanya satu jalur yang digunakan.

Tetapi jalan poros yang akan kita maksimalakan agar bisa memperlancar arus mudik kita akan turungkan Tim secara maksimal,” Imbuhnya.(Irwan)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *