Penajurnalis Maros, – Kemunculan buaya dengan panjang sekitar 3 meter membuat warga di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel) geger. Buaya itu juga sontak membuat warga berbondong-bondong mendatangi lokasi.
Buaya itu diketahui muncul di selokan warga di Dusun Lekoala, Desa Borikamase, Maros Baru sekitar pukul 05.30 Wita pagi, Senin (21/11/22). Dalam video beredar, buaya tersebut berkeliaran di selokan.

Tampak warga saling memperingatkan untuk menjaga jarak aman karena ukuran buaya cukup besar. Sejumlah remaja yang terlalu dekat dengan posisi buaya itu diminta menjauh.
Sebelas personel Damkar Maros turun tangan mengevakuasi buaya berukuran 3 meter tersebut. Evakuasi berlangsung sekitar 40 menit.

“Evakuasi dilakukan dengan jerat. Setelah berhasil diikat, tim bersama-sama mengangkat buaya ini,” ucap Sulaiman, personel Damkar Maros.

Tim Damkar sempat kesulitan selama proses evakuasi. Sebab, warga berkerumun. Mereka tidak takut, malah mendekat.

Rencananya, buaya itu akan dikembalikan ke habitatnya di sungai.

Kepala Desa Borikamase, Aswin mengatakan, seingat dia kemunculan buaya di permukiman warga baru kali ini terjadi.”Tetapi kalau di sungai memang sering,” ujarnya.

Aswin memperkirakan buaya itu terbawa arus saat banjir, beberapa waktu yang lalu.

Warga turut membantu untuk mengevakuasi buaya tersebut. Setelah diangkat dari selokan, petugas Damkar dan sejumlah warga membawa buaya itu pergi dari lokasi.

“Sudah ditangani buayanya,” ujar Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Damkar dan Penyelamatan Kabupaten Maros, Jufri (A1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *