Penajurnalis Maros,-  Ketentuan Ujian Seleksi Kompetensi Akademik Pendidikan Profesi Guru (USKA-PPG) dalam Jabatan Madrasah Tahun 2023 diatur melalui SK Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag Nomor 1241 Tahun 2023.

Seperti yang berlangsung serentak secara nasional, USKA-PPG Madrasah di Kabupaten Maros dilaksanakan selama dua hari: mulai tanggal 25 hingga 26 Maret 2023.

Soal USKA PPG berjumlah 120 soal, dengan durasi waktu 150 menit. Jadwal pelaksanaan dibagi menjadi 3 (tiga) sesi yaitu, Sesi 1 pukul 08.00 sd 10.30, sesi 2 pukul 11.00 sd 13.30, dan sesi 3 pukul 14.00 sd 16.30.

USKA PPG Madrasah dilaksanakan secara daring di Tempat Uji Kompetensi (TUK), dengan pusat kegiatan di MA Darussalam Barandasi Kecamatan Lau. Berdasarkan data, ujian seleksi bagi guru madrasah di Kabupaten Maros ini diikuti 417 orang.

Pengawas USKA, Risma Rizal mengatakan bahwa, ujian kompetensi PPG ini dilaksanakan secara serentak di semua TUK pada waktu, sesi, dan tanggal yang telah ditetapkan. Sesuai yang dapat dicetak melalui akun PTK Simpatika masing-masing guru.

“Ujian ini untuk mengukur kemampuan guru yang meliputi empat kemampuan yakni pedagogik, profesional dan potensi akademik,” ucap Risma Rizal, Minggu (26/03/23).

Fatur Rahman, salah satu peserta USKA PPG mata pelajaran Bahasa Indonesia, mengatakan bahwa tes ini menguras energi dan pikiran karena soal wacana panjang-panjang, apalagi dilaksanakan di bulan Ramadhan. “Tetap berharap saya lulus USKA PPG tahun ini,” harapnya.

Terdapat beberapa mata pelajaran yang diujikan dalam pelaksanaan USKA PPG 2023. Yakni Akidah Akhlak, Bahasa Arab, Fiqih, dan SKI serta Qur’an Hadist. Selain mata pelajaran PAI dan Bahasa arab juga dapat diikuti oleh Guru Kelas MI, Guru Kelas RA, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Jawa, Bahasa Jepang, Bimbingan dan Konseling, Biologi, Ekonomi, Fisika, Geografi, IPA, IPS, Kimia, Matematika, PJOK, PKn, Sejarah, dan Seni Budaya serta Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Tutupnya(Irwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *