Penajurnalis Maros,- Kepolisian resor Maros terjunkan 352 personil untuk mengawal unjuk rasa (Unras), memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day, di Maros, pada Senin (01/05/23).

Aksi unjuk rasa yang terdiri dari berbagai elemen organisasi Buruh di Sulawesi Selatan. menduduki sejumlah ruas jalan untuk melakukan orasi, diantaranya, persimpangan BRI, Jl. Jend. Sudirman, depan Grand Mall, sekitaran Patung Kuda, Hutan Kota, Simpang 5 Bandara dan titik lainnya.

Kapolres Maros, AKBP Awaludin Amin mengatakan, sehari sebelum May Day dilaksanakan, bersama jajarannya sudah melakukan rangkaian persiapan. Massa yang berjumlah ratusan buruh, menempati titik wilayah aksi demonstrasi yang berbeda-beda. Meski begitu jalannya aksi demonstasi berjalan lancar dan kondusif.

“Hari ini demonstrasi berjalan lancar, sebelumnya kami sudah berkoordinasi dengan teman-teman serikat buruh, kamu juga berkoordinasi dengan Forkopimda,” katanya.

Mantan Kasubdit IV Ditreskrimum Polda Metro Jaya ini juga mengatakan, sudah menyiapkan rencana pengamanan May Day dengan melakukan langkah-langkah teknis dan taktis, dengan tujuan memberikan rasa aman dan nyaman bagi buruh yang melakukan aksi dan bagi masyarakat pengguna jalan.

“Kita ambil langkah-langkah teknis dan taktis, tujuannya agar teman-teman buruh bisa menyampaikan tuntutannya dengan bebas bertanggungjawab tapi pengguna jalan juga tidak mengalami kemacetan,” paparnya.

Untuk menciptakan kondisi yang nyaman bagi demonstran dan pengguna jalan, lanjutnya, ia berpesan kepada personel yang bertugas untuk tidak arogan dan melakukan pendekatan humanis.

“Intinya ada di komunikasi, kita jaga komunikasi baik sesama polisi yang sedang bertugas dan demonstran untuk tidak arogan dan melakukan pendekatan yang humanis,” imbuhnya. (A1)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *