Penajurnalis Maros,- Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy berkunjung ke Desa Sudirman, Kecamatan Tanralili Maros, Jumat (25/8/23).

Bupati Maros Chaidir Syam hadir menyambut kedatangan Menko PMK Muhadjir Effendy,Dalam kesempatan tersebut, Muhajir menyempatkan untuk melihat pameran produk yang dihasilkan BUMDes Desa Sudirman.

“Kunjungan kali ini terkait penanganan masalah multidimensi, untuk penanganan Bumdesnya juga sudah bagus,” ujarnya.

Namun ia mengatakan produk yang dihasilkan masih membutuhkan koordinasi antar instasi. Misalnya cara pemasaran produk agar lebih dikenal oleh masyarakat.

“Kalau dari sisi kemasan dan produksinya juga sudah bagus, sisa cara pemasaran produknya yang harus dikembangkan,” ucapnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menilai hasil produksi BUMDes desa Sudirman yang mengambil konsep Eco- green sudah tepat sesuai dengan yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

“Pilihan produksinya sudah tepat karena berkaitan dengan Eco green. Ekonomi hijau yang sedang dicanangkan oleh presiden,” tuturnya.

Produk andalan Desa Sudirman berupa tas kulit eco print yang berbasis bahan alami.

“Dan menurut saya itu sudah luar biasa, perlu jadi contoh bagi desa-desa lain,” imbuhnya.

Ia mengatakan dari hasil kunjungan tersebut ada beberapa bantuan yang sudah di ajukan oleh warga misalnya mesin printing, mesin press hingga traktor.

“Nanti akan kita upayakan karna bantuan tersebut tidak ada di Kemenko PMK tapi ada di kementrian teknis,” imbuhnya.

Tak hanya itu penurunan stunting dan kemiskinan ekstrim hingga saat ini masih menjadi perhatian serius sekaligus pekerjaan rumah pemerintah yang harus diselesaikan.

Sementara itu Kepala Desa Sudirman, Lenny Marlina menyebutkan ada berbagai produk yang dihasilkan dari ecoprint ini, mulai dari kain, jilbab, sepatu dan tas.

“Yang diborong sama pak Menko tadi kain, jilbab dan dan ransel, harganya itu mulai dari Rp 50-800 ribu,”tutupnya.(Tim)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *