Penajurnalis Maros,-  Memasuki Bulan Suci Ramadhan 1445 H, masyarakat khususnya Kedai Makanan dihimbau agar menutup jualannya di Siang Hari untuk menghormati Bulan Suci Ramadhan. Hal ini disampaikan oleh Bupati Maros melalui Surat Himbauan Nomor: 451.13/172/SET.

Dalam surat himbauan tersebut Bupati Maros H.A.S. Chaidir Syam menyampaikan agar masyarakat Kabupaten Maros khususnya kaum muslimin dan muslimat memperhatikan beberapa hal seperti operasional rumah makan dan tempat hiburan selama bulan ramadhan.

”Selama bulan suci ramadhan pemilik warung makanan wajib tidak menjual makanan dan minuman disiang hari, begitupula dengan tempat-tempat hiburan seperti karaoke dan sejenisnya tidak diperbolehkan dibuka dan juga petasan, kembang api serta balapan liar” terangnya.

Balapan liar yang kerap mengganggu ketenangan dan ketentraman, bahkan menimbulkan bahaya bagi ummat muslim yang menjalankan ibadah Ramadhan. Berdasarkan pasal 297 Undang-Undang No.22 Tahun 2009 tentang lalu lintas, aksi balapan liar dipidana kurungan paling lama 1 tahun atau denda paling banyak Rp. 3.000.000.

Selain itu juga, Bupati mengimbau agar masyarakat yang menunaikan ibadah puasa untuk menghidupkan amalan sunnah/ibadah terutama shalat berjamaah 5 Waktu di Masjid begitupun shalat taraweh, serta memperbanyak bacaan Al-Qur’an dan bersedekah kepada Fakir Miskin.

“Ini momen istimewa, Mari ramaikan masjid-masjid selama bulan Ramadhan, bulan ramadhan memiliki keutamaan yang memberikan peluang dilipat gandakannya pahala, bulan yang penuh pengampunan dan bulan diturunkannya Al Quran” ujarnya.

Himbauan Selanjutnya, diharapkan menjaga silaturahmi persaudaraan diantara kaum muslim, perbedaan Khalifiyah yang terjadi di Masyarakat tidak dibesar-besarkan persoalan perbedaan Fiqrul Ibadah dalam rangka menjaga keutuhan dan persatuan Kaum Muslimin.

Ia juga menghimbau agar masyarakat untuk menjaga stabilitas Keamanan, Kenyaman, Selama menjalankan Ibadah Bulan Suci Ramadhan. (Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *