Penajurnalis Maros,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros, untuk kali kedua menggelar Program Pernikahan Gratis yang pelaksanaan dilaksanakan di Gedung Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Maros, Kamis (3/7/24). Pernikahan yang diikuti 45 pasangan calon pengantin tersebut, merupakan bagian rangkaian dari memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Maros ke-65.

Pasangan pengantin menuju Gedung MPP menggunakan becak (90 becak) dari Gedung Serbaguna Maros setelah dirias secara gratis oleh Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia (HARPI) Melati Cabang Maros.

Kadis PMPTSPTK, Nuryadin mengatakan, kegiatan ini diinisiasi DPMPTSTK Kabupaten Maros yang berkolaborasi dengan Kementerian Agama dan Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia (HARPI) Melati Cabang Maros berdasarkan arahan Bupati dan Wakil Bupati Maros.

Latar belakang penggunaan kendaraan becak mengantar 45 pasangan calon pengantin, lanjut Nuryadin, karena becak merupakan transportasi tradisional,”katanya.

“Kegiatan ini merupakan bagian dalam memeriahkan Hari Jadi ke-65 Kabupaten Maros. Kami dari MPP bersama Kementerian agama, Dinsos, Dukcapil, BPJS Kesehatan, pihak perbankan dan DPC HARPI Kabupaten Maros bahu membahu melakukan kegiatan sosial, kegiatan amal yang tidak menggunakan APBD namun murni dari kreatifitas dan inovasi teman-teman pemangku kebijakan” jelasnya.

Pelaksanaan pernikahan gratis ini tidak dikenakan biaya sepersenpun dari pasangan calon pengantin. “Karena ini kegiatan amal, semoga ini jadi stimulus pemda lain untuk  membersamai masyarakat tidak mampu agar mereka bisa mendapatkan hak layanan publik. Dan, kami laksanakan di gedung MPP karena fungsi mall pelayanan publik adalah melayani masyarakat dan ini pelayanan pernikahan” jelasnya.

“Menurut Nuryadin, pernikahan gratis telah pihaknya gelar sebanyak dua kali. “Tahun 2023 lalu, peserta yang mengikuti sebanyak 9 pasangan calon pengantin. Dan tahun 2024 ini bertambah menjadi 45 pasangan calon pengantin.

“Cukup tinggi animo masyarakat untuk mengikuti program nikah gratis ini. Insyaallah kegiatan ini, akan dimasukkan dalam Kalender Event Tahunan Pemkab Maros” paparnya.

“Dan Pemkab Maros mengutamakan kearifan lokal sehinggà pada hari jadi Kabupaten Maros ini masyarakat dapat merasakan kebahagiaan tidak hanya kalangan atas melainkan kalangan bawah juga dapat merasakannya” urainya.

Hal senada yang disampaikan Bupati Maros H.Andi Syafril Chaidir Syam. Ia menuturkan bahwa kegiatan hari ini sebagai bentuk inovasi Pemerintah Kabupaten Maros yang telah berkolaborasi dengan beberapa stakeholder untuk memudahkan urusan administrasi pernikahan masyarakat.

“Ini hadiah untuk Hari Jadi ke-65 Kabupaten Maros memudahkan pelayanan pernikahan untuk Masyarakat. Dan diharapkan melalui program nikah gratis ini, kedepan dapat membantu meringankan beban biaya pernikahan bagi masyarakat, khususnya bagi mereka yang kurang mampu,” harapnya.

“Dan semoga kegiatan ini, terus berkelanjutan untuk tahun-tahun kedepannya. Pasalnya dalam kegiatan ini, tidak saja mempermudah proses pernikahan semata, namun pasangan pengantin langsung mendapat buku nikahnya. Dan juga mendapatkan jaminan sosial dengan mendaftarkan ke DTKS, bantuan sembako dari lanud, BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan.” Imbuhnya.(A1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *