Penajurnalis Maros,-  Ribuan masyarakat Maros memadati Lapangan Pallantikang Maros melaksanakan
Lebaran Idul Adha 1445 Hijriah tingkat Kabupaten Maros, Senin (17/6/24). Di hadapan ribuan jamaah asal daerah Maros Wakil Bupati Maros Hajjah Suhartina Bohari menuturkan moment ini, harus dimanfaatkan makna yang terkandung.

“Melalui suasana Idul Adha ini, mari kita bersama-sama merenungkan pelajaran dan hikmah yang terkandung didalamnya. Sebagaimana diriwayatkan perjalanan hidup Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS dengan dilengkapi keimanan dan ketakwaan yang kuat Nabi Ibrahim AS menjalankan perintah ALLAH SWT untuk menyembelih anaknya Nabi Ismail AS,” terang Suhartini.

“Tiada ada sedikitpun untuk menolak perintah ALLAH SWT, termasuk untuk mengorbankan apapun yang kita cintai dan kita dimiliki. Karena sesungguhnya semua itu, hanya titipan Sang Khalik kepada hambanya,” kata Suhartini.

Semangat pengorbanan dan keikhlasan ini, kata Suhartina penting ditumbuhkan dalam kehidupan seperti sekarang ini.

“Karena, harus kita akui, tidak sedikit persoalan yang dihadapi sesungguhnya akibat lemahnya spirit untuk berkorban bagi orang lain. Dan ini dapat melunturkan semangat kebersamaan dan kekeluargaan serta melunturkan kehidupan sosial kemasyarakatan yang selalu berorientasi pada timbal balik dan keuntungan. Dan selalu mengedepankan kepentingan duniawi baik materi, harta maupun jabatan” jelas Suhartina.

Lanjutnya, hal seperti inilah yang harus dihindari dalam kehidupan sehari-hari. Marilah, kita jadikan momentum Hari Raya Idul Adha ini sebagai presentasi
keikhlasan yang sempurna dengan berkurban.

“Dan muliakanlah saudara-saudara kita dengan cara berkurban dan saling berbagi serta hilangkan perbedaan dan tingkatkan kualitas diri, sehingga bisa berguna bagi orang sekitar”tegasnya.

Kata Suhartina, ibadah kurban sesungguhnya merupakan salah satu wujud rasa persaudaraan, solidaritas dan kebersamaan antar sesama umat muslim.

“Selain itu, ibadah kurban juga bertujuan untuk menjaga fitrah umat muslim agar tetap suci serta memberikan dorongan untuk bekerja lebih giat supaya dapat menunaikan ibadah kurban pada kesempatan berijutnya” harap Suhartina.

Menurut Suhartina, ibadah Idul Adha juga berkaitan dengan ibadah haji. Dan saat ini, Bupati Maros dan saudara umat muslim dari seluruh dunia tengah menjalankan ibadah haji.

“Untuk itu, mari kita doakan semoga bapak bupati dan saudara umat muslim yang sedang menjalankan menunaikan ibadah haji khususnya dari Kabupaten Maros senantiasa diberikan kesehatan, kekuatan, kemudahan dan kelancaran dalam menjalankan ritual ibadah haji.” harapnya.

“Dan diharapkan rangkaian ibadahnya dapat dilaksanakan secara khusuk dan tawaddu serta dapat kembali ke tanah air dengan selamat dan berkumpul bersama keluarga serta pulang ke tanah air dengan menyandang predikat Haji yang Mabrur” imbuhnya(Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *