Penajurnalis maros,- Polres Maros menggelar Operasi Patuh Pallawa 2024 sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran dan disiplin berlalu lintas di wilayah Kabupaten Maros. Operasi yang dimulai hari ini Senin (15/7/24) bertujuan untuk menekan pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas yang dapat mengancam keselamatan pengguna jalan.

Wakapolres Maros, Kompol Andi Alamsyah, menegaskan pentingnya kepatuhan terhadap aturan lalu lintas dalam upaya menciptakan kondisi jalan raya yang lebih aman.

“Kami melakukan operasi ini secara rutin untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menaati peraturan berlalu lintas demi keselamatan bersama,” ujarnya.

Operasi Patuh Pallawa 2024 melibatkan personel gabungan dari Satuan Lalu Lintas Polres Maros, Kodim 1422/Maros, Satpol PP dan Dishub Kabupaten Maros. Wakapolres Maros merinci ada 8 jenis pelanggaran yang menjadi target pada pelaksanaan Operasi Patuh Pallawa 2024, yakni:

  1. Pengemudi atau pengendara ranmor yang menggunakan ponsel saat berkendara dan
    pengendara yang tidak menggunakan sabuk
    pengaman;
    2.  Pengemudi atau pengendara ranmor yang
    masih dibawah umur
    3.  Pengendara sepeda motor yang berboncengan
    lebih dari satu orang;
    4.  Pengendara yang tidak menggunakan helm
    standar dan knalpot tidak sesuai spektek (Brong);
    5.  Pengemudi atau pengendara ranmor dalam pengaruh atau mengkonsumsi minuman beralkohol;
    6.  Pengemudi atau pengendara ranmor yang melawan arus (Contra Flow);
    7.  Kendaraan yang over dimensi/overloading (od/ol) dan TNKB yang tidak sesuai dengan spektek (Plat Gantung);
    8.  Pengemudi atau pengendara ranmor yang melebihi batas kecepatanDalam kesempatan yang sama, Wakapolres menghimbau kepada seluruh masyarakat Maros untuk mendukung dan patuh terhadap aturan lalu lintas demi menciptakan situasi yang aman dan tertib di jalan raya.

    “Kami berharap dengan adanya operasi ini, kesadaran masyarakat akan meningkat dan angka kecelakaan dapat diminimalisir,” tambahnya.(Tim)Operasi Patuh 2024 Polres Maros direncanakan akan berlangsung selama dua pekan mulai tanggal 15 hingga 28 Juli 2024.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *