Penajurnalis Maros, – Keterbukaan informasi publik sangat penting di era teknologi informasi saat ini. Informasi sekecil apapun menyangkut kepentingan publik sangat penting dan strategis untuk membangun dan menentukan masa depan bangsa. Disini pun terlihat pula peran media massa dalam fungsinya menyampaikan informasi sebagai kontrol sosial masyarakat.

Menanggapi hal tersebut Kabag Humas Pemkab Maros, Andi Darmawati saat ditemui diruang kerjanya mengatakan, bahwa di era keterbukaan informasi publik dan globalisasi, peran Media Massa dipandang sebagai jendela dan sebagai penyedia informasi terkini dan tercepat. Ditambah lagi maraknya sosial media, harus menjadi pintu gerbang humas juga dalam menyampaikan informasi dengan akurat dan cepat,

“kegiatan kehumasan tersebut dinilai sangat strategis dalam menopang aktivitas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan pada masyarakat. Humas adalah komunikator dan dinamisator dalam memberikan pengaruh positif terhadap upaya sosialisasi maupun pelaksanaan kebijakan Pemerintah,” katanya kamis(8/2/18).

“Menurut Andi Darmawati, media massa tidak hanya sekadar sarana lalu lintas informasi, tetapi juga harus dijadikan sebagai mitra atau partner komunikasi kehumasan, yang memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah.

Humas dalam Pemerintahan yang merupakan corong atau sumber informasi dan merupakan ujung tombak dalam menyampaikan informasi terkait dengan program kerja, kebijakan serta kinerja pemerintah. Terkait dengan kondisi tersebut, maka posisi humas pemerintah memiliki peran sangat penting dan strategis dalam menjaga citra positif lembaga pemerintah,” paparnya.

Darmawati menambahkan pada prinsipnya, Humas harus bersinergi atau bermitra dengan kalangan media massa atau wartawan baik wartawan dari media cetak, media elektronik maupun media sosial dan menbina serta mewujudkan hubungan yang hormanis secara optimal.

Sehingga kalangan awak media dapat membantu secepat mungkin menyebarluaskan informasi terkait kebijakan pemerintah daerah.(A1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *