PenaJurnalis,Maros.—-Bupati Maros, HM Hatta Rahman merencanakan pembangunan dermaga di Dusun Binanga Sangkara, Desa Ampekale, Kecamatan Bontoa. Bertujuan sebagai tambatan perahu bagi nelayan di wilayah itu.

“Ini permintaan nelayan, karena memang sudah ada nelayan yang tambatkan perahunya disana sehingga kita buatkan dermaga tambatan perahu,” ujar Hatta, Sabtu (25/08/18).

Selain itu kata Hatta, dermaga ini bakal menjadi kawasan wisata sungai dan mangrove yang tersambung dari Sungai Pute dan Rammang-rammang.

“Jadi selain dermaga tambatan perahu untuk melayan, ini kita juga akan kembangkan wisata sungai dan wisata mangrove karena sungai ini terusan dari sungai Pute Rammang-rammang . Jadi selain menikmati rammang-rammang wisatawan juga dapat menikmati wisata sungai dan mangrove,” papar Hatta.

Hatta menambahkan, untuk wisata sungai dan mangrove akan terintegrasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Pihaknya kata Hatta telah menyusuri sungai dari Rammang-rammang dan potensi wisatanya sangat besar untuk dikembangkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan kabupaten Maros, Sam Sophyan mengatakan, pembangunan dermaga tambatan perahu masih dalam tahap perencanaan dan kemungkinan akan terealisasi pada 2019 mendatang. Dermaga ini rencananya berkapasitas 5gt dengan luas 2×12 meter.

“Dermaga rencananya dermaga kayu, karena memang untuk perahu jenis jolloro sehingga tidak terlalu besar. Untuk anggaran kami belum bisa menyebut karena baru tahap awal,” singkatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *