PenaJurnalis,Maros.— Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Seni (HIMABAS) Universitas Muslim Maros (UMMA) dan Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) Kabupaten Maros menyelenggarakan kegiatan “Seminar Jurnalistik” di Baruga A kantor Bupati Kabupaten Maros, Sabtu (13/10/218).

Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati Bulan Bahasa. Kegiatan mengusung tema “Membangun Jiwa Jurnalis Muda untuk Meningkatkan Kreativitas.

Dalam acara tersebut, dihadiri oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muslim Maros, Hikmah Rusdi, Spd., M.Pd. , turut hadir juga Prodi FKIP Bahasa dan Sastra UMMA, Ita Suryaningsih, S.Psi. M.A, Ketua Umum PWRI Kabupaten Maros, yang diwakili oleh Ansar Maradja, S.Pd, Ketua BEM FKIP UMMA, Rezky Amaliah, Spd. , Ketua Umum HIMABAS, Nur Indah Haeril serta beberapa senior dan perwakilan HMJ Universitas Muslim Maros.

Acara dibuka oleh Dekan FKIP UMMA, dilanjutkan pemaparan materi diantaranya seorang jurnalis, Imam Dzulkifli, dengan materi “Jurnalistik”. Pemateri selanjutnya oleh pendiri HIMABAS, Indra Anwar, S.Pd., M.Pd dengan materi “Kebahasaan Jurnalistik”, dan pemateri terakhir merupakan budayawan sekaligus blogger, Kaimuddin, S.Pd. dengan materinya “Budaya”. Sementara yang bertindak sebagai moderator adalah Musdalifah MG, S. Pd.

Menurut Anshar Maradja dalam dunia jurnalistik kode etik harus dijaga sesuai dengan aturan tata bahasa yang baik.

“Boleh kasar, kasarlah dengan tetap memerhatikan kode etik” tuturnya kepada 90 hadirin yang juga merupakan mahasiswa Universitas Muslim Maros.

Sementara Ketua BEM FKIP UMMA, Rezky Amaliah mengajak seluruh jurnalis muda untuk menghindari dan mencegah akan hoax yang marak terjadi di dunia pemberitaan.

Kegiatan Seminar Jurnalistik ini merupakan rangkaian Kegiatan Sunatan Massal Hari ini  (14/10/218). “Kegiatannya sepaket, seminar dan dilanjut baksos” tutur Nur Indah Haeril dalam sambutannya.

Dengan adanya kegiatan seminar ini, diharapkan tumbuhnya kepedulian akan budaya dan kearifan lokal melalui gerak jurnalistik, khususnya para jurnalis muda yang ada di kampus Universitas Muslim Maros, ungkap Baharuddin Lagasa selaku ketua panitia dalam kegiatan tersebut.

Acara yang berlangsung hingga sore, merupakan program kerja Kabid Jurnalistik HIMABAS, sementara agenda selanjutnya baksos yang terdiri dari (Sunatan Massal dan Kesehatan Gratis) merupakan program kerja Kabid Humas yang dirangkaikan dalam dua hari berturut-turut. Seminar ini ditutup dengan pembagian sertifikat kepada seluruh tamu yang hadir mengikuti acara hingga selesai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *