PenaJurnalis,Pangkep.— Bupati Pangkep Syamsuddin A Hamid bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pangkep, Hj Rismayani memimpin langsung penanaman bibit padi IP 300 di Desa Panaikang, Kecamatan Minasa Te’ne, Senin (5/11/18). Bibit padi IP 300 yang dikembangkan ini menghasilkan 7,7 ton perhektar.

Kepala Dinas Pertanian Pangkep, Ir.Hj. Sriwati Masri M.Hum, dalam laporannya bahwa sesuai pelaksanaan panen IP (Indeks Pertanaman), menyatakan program IP 300 bisa dilakukan dengan panen 3 kali setahun dan ini telah dikembangkan sebanyak 150 ha dengan produksi mencapai 7,7 ton per hektar.

“Melalui pelaksanaan Panen IP 300 ini,diharapkan terjadi peningkatan kesejahteraan petani sekaligus menjadi indikator untuk mengurangi angka kemiskinan,” pungkas Sriwati.

Jumlah areal tanaman padi IP 300 ini seluas 150 hektar dengan masa panen 3 kali se tahun. Hal ini menjadi program khusus terhadap seluruh Kecamatan di wilayah daratan dan pegunungan.

Dalam pelaksanaan Panen IP 300 dipimpin Bupati Pangkep H. Syamsuddin Hamid bersama istri. Saat melakukan panen. Bupati Pangkep menyetir sendiri kendaraan panen padi.

Khusus untuk masyarakat Desa Panaikang, Syamsuddin mengungkapkan jika pihaknya telah memberikan bantuan Rp 500 juta dengan peruntukan pembangunan sumur bor sebanyak 5 unit.

Dihadapan para petani di Desa Panaikang, Mantan Ketua DPRD Pangkep ini menjelaskan jika pihaknya tengah membangun berbagai fasilitas untuk bidang pertanian.

Seperti pembangunan irigasi, beberapa sumur bor dibangun untuk menunjang pola tanam musim gaduh di musim kemarau.

Bupati Pangkep, Syamsuddin juga membantu dana rehabilitas mesjid sebanyak empat unit. Setiap masjid Rp 50 juta. Bahkan ada juga masjid yang menerima bantuan Rp 100 juta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *