PenaJurnalis,Maros.—-Dinas kependudukan dan pencatatan sipil (dukcapil) di Maros, Sulawesi Selatan,tak bisa beroperasi seperti biasa akibat musibah banjir yang wilayah tersebut beberapa hari lalu.

Akibat  Kondisi tersebut membuat Tim dari Kementerian Dalam Negeri diterjunkan untuk membantu proses pelayanan dukcapil.

Zudan menyampaikan upaya cepat pemulihan pelayanan dukcapil di Kabupaten Maros. Salah satu kendala saat ini, kata Zudan, adalah kurannya printer untuk proses pencetakan.

“Bencana banjir di Kabupaten Maros telah menenggelamkan Kantor Dukcapil Kabupaten Maros sehingga melumpuhkan pelayanan Dukcapil”, ujar Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh saat meninjau lokasi, sebagaimana keterangan tertulis dari Kemendagri, Minggu (27/1/19).

“Hari ini Tim Dukcapil Pusat telah berangkat ke Kabupaten Maros. Insyaallah sebentar lagi sampai lokasi,” ujar Zudan.

Selain itu, Ditjen Dukcapil Kemendagri sudah bekerja sama dengan PNRI guna menyiapkan alat pencetakan di pusat dengan kapasitas 1 mesin bisa sampai dengan 35 ribu per hari. Zudan juga berharap dengan diterjunkannya Tim Dukcapil Kemendagri akan cepat mengatasi lumpuhnya pelayanan Dinas Dukcapil setempat.

“Ini akan sangat membantu daerah, yang melakukan pencetakan tetap pegawai Dinas Dukcapil Kabupaten Maris dengan anggaran yang sudah disediakan dalam Dana Alokasi Khusus (DAK),” jelas Zudan.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *