PenaJurnalis,Jakarta.—Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan tingkat partisipasi masyarakat merupakan kunci keberhasilan, Pemilu 2019 . Dia pun mengajak seluruh masyarakat mengunakan hak pilihnya pada 17 April nanti.

Tjahjo mengatakan target partisipasi pemilih dalam Pemilu 2019 ini sekitar 78-80 persen. Dia pun optimistis target itu bisa penuhi.

“Pada tahun 1955 saja Pemilu tingkat partisipasinya 91,4 persen, kemudian tahun 2014 mencapai 74 persen. KPU dan pemerintah khususnya Kemendagri optimis bahwa bisa mencapai angka minimal 78 sampai 80 persen pemilih,” ujar dia

Untuk mencapai target itu, Tjahjo mengaku memerintahkan jajarannya untuk mengorganisasi dan membantu masyarakat untuk segera merekam data e-KTP bagi yang belum. Selain itu, ia juga mengajak masyarakat yang mempunyai hak pilih untuk datang ke TPS karena dijamin aman dan diberi kebebasan memilih

“Makanya kami ajak, jangan golput Ini kesempatan emas kita yang diberikan hak konstitusional. MK juga sudah memberikan banyak payung hukum jangan sampai ada 1 warga negara yang punya hak pilih nanti terlewatkan dan tidak menggunakan hak pilih,” ujar di Monas, Tjahjo Kumolo Jakarta Pusat, Jumat (5/4/19).

Ia juga menghimbau agar masyarakat dating ke TPS masing masing untuk menggunakan hak pilihnya.

“Masyarakat yang punya hak pilih mari untuk datang ke TPS, dijamin aman, dijamin diberikan kebebasan dijamin penyelenggara pemilu KPU sudah sangat profesional dalam menyelenggarakan pemilu,” pungkas Thahjo.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *