Penajurnalis Maros, — Bupati Maros, HM Hatta Rahman, membuka secara resmi pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) formasi 2019, lingkup Pemkab Maros, di Gedung Serbaguna.
Peserta ujian SKD CPNS di Kabupaten Maros yang dinyatakan lulus berkas dan berhak mengikuti tes SKD sebanyak 4.124 orang peserta dengan jumlah formasi 200 orang dengan rincian formasi tenaga pendidikan sebanyak 137 orang, tenaga kesehatan 43 orang dan tenaga teknis.
Pelaksanaan ujian SKD dibagi menjadi lima sesi. Setiap sesi diikuti 415 orang peserta. Setiap peserta wajib menjawab 100 soal dengan waktu 90 menit. Bahkan, peserta bisa langsung tahu berapa perolehan nilainya setelah ujian.
Bupati Maros, Hatta Rahman, meyampaikan apresiasi yang tulus atas penyelengaraan test CASN di lingkup Pemkab Maros tahun anggaran 2019. Untuk memenuhi kebutuhan tenaga teknis, pendidik, dan kesehatan,”ucapnya Rabu (19/2/20).
”Kita menyadari bahwa sampai saat ini profesi sebagai ASN, tetap menjadi pilihan utama bagi sebagian masyarakat. Salah satu alasannya, karena mendapat upah tetap. Kondisi ini membuat persaingan ASN menjadi sangat ketat,” kata Hatta Rahman.
Kepada peserta seleksi CPNS ini, bupati menerangkan, ASN sejati kerjanya tidak ditentukan pada besaran gajinya. Tetapi ditentukan tingginya kepuasan masyarakat yang dilayani.
”Keuntungan PNS bukanlah bersifat materi. Tapi lebih bersifat pengabdian pada masyarakat, bangsa, dan negara, khususnya daerah Maros,” ujar Hatta.
Pengadaan CASND Maros ini berdasarkan ketentuan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI dengan mengedepankan prinsip transparansi, tidak dipungut biaya apapun, dan bebas praktek korupsi, kolusi, dan nepotisme.
”Tahapan seleksi telah ditetapkan Kementrian PANRB yang mengedepankan prinsip transparansi, dan tidak dipungut biaya. Saya imbau agar seluruh peserta jangan percaya oknum tertentu baik mengatasnamakan pemerintah Maros yang menjanjikan meloloskan menjadi CASN Maros dengan imbalan tertentu,” tegas bupati dua periode ini.
Selain itu, kata bupati, tes CASN kali ini adalah tes dengan menggunakan sistem CAT. Sehingga peserta diharapkan untuk mempersiapkan diri dan berusaha sebaik mungkin untuk lolos menjadi CASN Maros.
Turut hadir dalam pembukaan tes CPNS ini, Kepala Kantor BKN Makassar, sekretaris daerah Maros, dan para pejabat Pemkab Maros.(Her)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *