Penajurnalis Maros,- Hujan perdana mulai turun di wilayah Kabupaten Maros. Minggu (20/9/20).Hujan yang hampir 2 jam itu menjadi berkah bagi peternak petani dan warga pesisir di Maros yang kekurangan air akibat musim kemarau yang terbilang panjang,

Amir salah seorang warga kecamatan Bontoa mengunkapkan,hujan perdana ini sangat deras sehingga yang sementara berkendaraan roda dua banyak yang singgah berteduh,namun sangat menbantu kita warga pesisir Maros yang kekurangan air akibat musim kemarau yang terbilang panjang.

Dalam kondisi normal, biasanya hujan mulai turun pada September namun kini sudah Oktober baru turun itupun tidak lama untuk menutupi kebutuhan air masyarakat setempat.

Sebelumnya, dalam dua bulan terakhir pihak BPBD Kabupaten Maros bersama Ormas lainya memberikan bantuan air bersih pada warga di Kecamatan Lau dan Bontoa.

Dan setiap desa yang terdampak kekeringan mendapatkan bantuan air bersih dengan kapasitas masing-masing 5.000 liter per tangki.,”kata Amir.

“Amir menambahkan, umumnya warga yang mendapatkan jatah air bersih merasa sangat terbantu dengan adanya air bersih yang disalurkan pemerintah beserta Ormas di Maros.

Alasannya, dengan bantuan tersebut minimal dapat mengurangi pengeluarannya membeli air bersih rata-rata lima jerigen per hari atau Rp10 ribu, hanya untuk kebutuhan konsumsi sehari-hari, belum termasuk kebutuhan MCK.”Jelasnya.

Sementara hujan yang sudah turun hari ini, semoga dilanjutkan hari-hari berikutnya sehingga sawah yang butuh air tidak jadi puso.”Tutupnya.(A1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *