Penajurnalis Maros,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros bersama Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menggelar rapat relokasi pedagang Pasar Turikale, Rabu, 9 Februari di ruang Rapat Bupati Maros, untuk merelokasikan pedagan pasar turikale (Pasar lama) ke pasar Tramo Maros.

Bupati Maros, AS Chaidir Syam pada rapat tersebut mengatakan telah melakukan kesepakatan untuk melakukan segera relokasi pedagang pasar sentral ke pasar Teramo.

Sementara ini kita akan klopkan, data dari Dinas Kopumdag jumlahnya sekitar 80-an. Data ini adalah data pedagang yang tidak pindah ke Pasar Tramo,” katanya.

“Kita mau data dulu, siapa yang dari awal pindah dan yang mendapat relokasi kembali. Karena ada beberapa data yang pedagangnya telah pindah ke pasar tramo, tapi anak, orang tua atau keluarganya tetap ada yang jualan di lokasi lama,” paparnya.

Diakuinya kendala yang dihadapi dalam relokasi pedagang pasar ini tidak lagi banyak. Hanya bertitik pada penyesuaian data pedagang yang ada di Dinas Kopumdag dan pedagang pasar yang akan dipindahkan.

“Kita bekerjasama dengan pendamping pedagang pasar, Kepolisian, Kejaksaan, dan Kodim. Kita berusaha untuk mewujudkan kondisi yang senetral dan setransparan mungkin,” jelasnya.

Usai pedagang pasar dipindahkan ke Pasar Tramo, Pasar Turikale (dulu Pasar Sentral) yang lama akan dibangun menjadi pasar modern. Sehingga alokasinya bisa menampung lebih banyak pedagang.

“Setelah teralokasi, di bulan Maret kita akan masukkan ke Unit Layanan Pengadaan (ULP) untuk proses tendernya,” pungkasnya.

Pihaknya menargetkan, relokasi pedagang pasar akan selesai di bulan Februari. Pemkab Maros bersama DPR telah sepakat, tetelah relokasi pasar tuntas, pembangunan pasar akan dimulai dibulan Maret.

“Sudah beberapa kali sosialisasi, kami targetkan selesai di bulan ini. Kita mendapatkan alokasi dana pembangunan sebesar Rp 4 miliar dari Kementerian Perdagangan. Dana ini akan dialokasikan ke pedagang-pedagang agar lebih maju,” tutupnya.(Hendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *