Penajurnalis Maros,- Maudu’ Ada’ Kalabbirang dan Gema Shalawat ti Butta Salewangang digelar di Lapangan Pallantikang Kabupaten Maros, Kamis (12/10/23).

Kegiatan ini diisi dengan kirab budaya, pameran bilah pusaka dan tudang sipulung serta gema shalawat. digelar dengan tema  “Empo Sipatangari, Lisu Mappa’bati Sompung Lolo Bija To Marusu.”

Maudu’ Ada’ Kalabbirang merupakan gelaran peringtan Maulid Nabi Muhammad dalam bingkai budaya, yang digelar sebagai bukti kecintaan masyarakat kepada Nabi Muhammad.

Bupati Maros, Chaidir Syam mengatakan, Maudu’ Ada’ Kalabbirang ri Butta Salewangang adalah bukti bahwa kita memiliki komitmen kuat menjaga dan merawat nilai-nilai budaya.

“Kita semua patut menjaga Maros dari semua sisi, termasuk dari sisi budaya. Tidak hanya nilai budaya, tapi di dalamnya ada nilai ritual yang membanggakan dengan memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam dengan cara lokal dan disaksikan secara global. Ini seiring dengan visi dan misi Kabupaten Maros, yang Religi dan Berdaya Saing,” ujarnya.

Ketua panitia, A Syamsir Paremma sangat mengapresiasi segala bentuk dukungan pemerintah kabupaten Maros dalam suksesnya pelaksanaan kegiatan ini.

“Saya mewakili seluruh jajaran panitia sangat berterimakasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Maros, karena selama ini selalu mensupport kegiatan-kegiatan seni, adat, dan kebudayaan di kabupaten Maros. Utamanya yang saat ini kita laksanakan, Maudu’ Ada’. Besar harapan kami, di tahun-tahun berikutnya acara ini dapat berlangsung dengan lebih baik lagi kedepannya,” tutur lelaki yang akrab disapa Puang Remma tersebut.

Kegiatan ini dihadiri Karaeng dari Kerajaan adat Gowa, Takalar, Bone, Pangkep, Pinrang dan lembaga adat dan budaya di Kabupaten Maros. Hadir pula anggota DPRD Sulsel yang merupakan putra daerah Maros, yakni Andi Muhammad Irfan AB dan Muzayyin Arif.

Acara ini disaksikan oleh ribuan masyarakat yang antusias menyaksikan  pawai budaya dari Rumah Jabatan Bupati Maros menuju Lapangan Pallantikang, warga begitu antusias untuk berebut telur berwarna yang dibagikan oleh Bupati Maros dan Ketua TP PKK Kabupaten Maros.

Sebelum pawai budaya dilakukan penyambutan di Balla Lompoa Kerajaan Adat Marusu di Kassi Kebo Maros. (tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *